Unimus | Sebagai upaya meningkatkan kualitas jurnal khususnya di lingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Selasa 08 Mei 2018 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unimus mengadakan “Workshop Reviewer Jurnal Bagi Dosen Unimus”. Kegiatan tersebut diikuti oleh dosen-dosen tetap di lingkungan Unimus yang sudah menyelesaikan pendidikan Doktoral, dengan maksud tujuan upaya untuk meningkatkan kemampuan dosen untuk bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi jurnal baik secara taraf nasional maupun internasional terakreditasi, sebagai salah satu catur dharma perguruan tinggi.

Dengan menghadirkan mantan Ketua LPPM Undip, Prof. Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Si, kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Lab. Kesehatan Masyarakat Unimus mulai dari bakda Dhuhur sampai sore.

Dalam sambutannya, Dr. Sri Darmawati, M.Si, selaku Wakil Rektor 1 Unimus dalam kegiatan tersebut “Kegiatan ini untuk melatih pembuatan jurnal dari dosen-dosen tetap Unimus agar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Kemenristek Dikti nantinya. Harapannya, setelah pelatihan ini teman-teman (dosen) memiliki sertifikat untuk mereview jurnal-jurnal dari yang lainnya.”.

Prof. Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Si memaparkan berbagai strategi agar sebuah artikel dapat diterima dalam sebuah jurnal internasional terakreditasi. “Ada 3 (tiga) daftar penilaian kelayakan usulan penelitian, yaitu kualitas dan kuantitas publikasi artikel di jurnal ilmiah, substansi usulan, serta kewajaran rencana anggaran biaya,” ungkapnya. Dirinya menjelaskan gambaran pentingnya mengetahui terlebih dahulu apa itu Jurnal Internasional, yaitu adalah jurnal yang memenuhi kriteria jurnal internasional sebagaimana butir 8 huruf a sampai f, dengan kriteria tambahan terindeks pada Web of Science dan/atau Scopus serta mempunyai faktor dampak (impact factor) dari ISI Web of Science (Thomson Reuters) atau mempunyai faktor dampak (impact factor) dari Scimago Journal Rank (SJR) sampai dengan tahun 2013 dan di atas 0,100 setelah tahun 2013 yang dinilai paling tinggi 40.

Diharapkan dengan kegiatan Workshop Reviewer Jurnal ini, publikasi jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi dari dosen-dosen tetap di lingkungan Unimus semakin berkembang lebih banyak dari setiap tahunnya. Agar proses pengajuan proposal penelitian hibah DRPM bisa lebih dipermudah. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *