Unimus | Selasa, 08 Mei 2018. Sebagai upaya untuk meningkatkan dan mempersiapkan strategi pengusulan penelitian tahun 2019, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unimus mengadakan Klinik Usulan Penelitian Hibah Bagi Dosen Unimus Sesuai Panduan XII tahun 2018. Kegiatan tersebut diikuti oleh dosen-dosen tetap di lingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang, khususnya para dosen peneliti penerima Hibah Penelitian DRPM tahun 2018, dan beberapa dosen yang proposal pengajuan penelitian tahun 2018 belum terdanai. Menghadirkan Prof. Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Si, kegiatan tersebut berlangsung dari pagi hingga dhuhur di Gedung Laborat Kesehatan Unimus.

Dalam sambutannya, Dr. Sri Darmawati, M.Si selaku Wakil Rektor 1 Unimus menyampaikan bajwa Klinik Usulan Penelitian Hibah DRPM dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian dosen tetap Unimus.

Prof Syaiful menyampaikan bahwa penilaian usulan penelitian kini ada 2 (dua) deskripsi panduan, yaitu rekam jejak pengusul yang memiliki bobot 40% dan usulan penelitian itu sendiri dengan bobot 60%. Dosen Pertanian Undip tersebut memberikan kisi-kisi POS (Prosedur Operasional Standar) pengusul dalam penelitian usulan kenaikan jabatan akademik/ pangkat dosen di lingkungan Unimus.

Tiga hal langkah pengecekan dan penilaian usulan tersebut adalah :

  1. Data dukungan/administrasi usulan lengkap dan benar
  2. Cukup Angka Kredit (Komulatif dan Distribusinya), serta
  3. Syarat khusus ada dan memenuhi syarat yang diminta.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan tersebut proposal pengajuan penelitian dan pengabdian dari dosen tetap Unimus lebih banyak yang terdanai untuk pelaksanaan tahun 2019, dibandingkan dengan tahun 2018. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *