WR 1 Dr. Sri Darmawati dan Plt Ka LPPM saat memberikan pembekalan kepada para dosen penerima hibah.

UNIMUS. Rabu, 11 April 2018, sebanyak 58 (lima puluh delapan) dosen selaku Ketua Pelaksana Penelitian dan Pengabdian Hibah Kemenristek Dikti 2018, sekitar pukul 09.00 waktu setempat menandatangani kontrak pelaksanaan dan pengabdian. Penandatangan kontrak tersebut selain memenuhi kewajiban administratif, juga sebagai wujud komitmen terhadap amanah yang telah diterima.

Kegiatan penelitian dan pengabdian harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, cermat dan capaian luaran dapat di dicapai dengan baik. Pemberdayaan tim dan dosen lain dengan melibatkan dalam kegiatan penelitian dan pengabdian akan memberikan dampak lebih luas, baik keilmuan, ketrampilan dan rizqi. Seperti yang ditegaskan oleh WR I, Dr. Sri Damawati, M. Si dalam pengarahannya kepada 58 dosen penerima hibah.

Para Dosen penerima hibah penelitian dan pengabdian Kemenristekdikti Hibah 2018

Semua dosen yang menerima hibah diharapkan dapat menyususan artikel publikasi dalam jurnal bereputasi sehingga akan memperkaya dan meningkatkan capaian publikasi dosen Unimus, ujar Dr. Sri Darmawati pada akhir sambutannya. Pelaksana Tugas Ketua LPPM Dr. Siti Aminah, S.TP., M.Si menambahkan  bahwa ketentuan-ketentuan perolehan hibah yang akan datang memerlukan persyaratan yang ketat.  Publikasi menjadi syarat utama sehingga menjadi hal mutlak harus dilakukan oleh Dosen terkhusus penerima hibah, disamping sebagai kewajiban luaran penelitian dan pengabdian, hasil-hasil publikasi akan memberikan manfaat besar kepada masyarakat.

Kecermatan dan ketelitian pemilihan jurnal untuk publikasi diperlukan untuk menghindari jurnal-jurnal predator maupun yang akan menimbulkan tanda tanya oleh Dikti. Publikasi pada jurnal bereputasi sekaligus akan dapat memberikan manfaat untuk pengusulan Penetapan Angka Kredit (PAK) dosen. Disamping itu ada banyak karya penelitian dosen Unimus yang berpotensi paten maupun hak cipta. Hal tersebut akan sangat mendukung penguatan kapasitas institusi dalam mempersiapkan reakreditasi AIPT Unimus.

Disamping luaran2 yg harus diperhatikan dosen, saat ini kinerja dosen akan dipantau melalui SINTA, oleh karena itu semua dosen Unimus harus segera terverifikasi di SINTA. Tegas Dr. Purnomo, M. Eng sebagai verfikator SINTA Unimus yang memberikan informasi seputar SINTA.

Semoga pelaksanaan penelitian dan pengabdian dosen Unimus tahun 2018 dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan schedulle. Serta dapat sesegera mungkin melaporkan capaian luaran dosen untuk diupload di simlitabmas. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *