Semarang | Dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian dosen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menyelenggarakan diskusi bersama Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc., Ph.D selaku Direkur Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek Dikti. Diskusi tersebut dihadiri oleh dosen Unimus di Ruang 408 Gedung Nursing Research Center (NRC) Lantai 4 pada Jumat, 9 Maret 2018. Tema yang diusung adalah “Peningkatan Kualitas Penelitian & Pengabdian Dosen Berbasis Kebijakan DRPM 2018”. Bukan hanya dosen penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian saja yang hadir, melainkan dosen yang wajib mengajukan proposal penelitian sesuai dengan skema tahun 2019.

Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc., Ph.D selaku Direkur Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek Dikti sedang memimpin diskusi bersama dosen UNIMUS

Acara tersebut dipandu langsung oleh Wakil Rektor 1 Unimus, Dr. Sri Darmawati, M.Si dan Kabid. Pengabmas, HKI & KKN Unimus, Dr. Siti Aminah, S.TP., M.Sc. Dimulai sekitar pukul 08.30 waktu setempat dan berakhir tepat sebelum sholat jum’at dimulai.

Dalam sambutanya Prof. Ocky mengatakan perlunya peran dosen dalam meningkatkan mutu universitas melalui penelitian, pulikasi jurnal dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya diskusi tersebut, diharapkan dosen termotivasi untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas. Beliau juga mengatakan akan memaksa dan mengejar laporan para dosen bergelar doktor di Indonesia, khususnya Unimus, untuk melakukan serangkain penelitian agar mampu menghasilkan jurnal ilmiah yang terakreditasi intenasional.

Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa ada 8 (delapan) parameter pemetaan riset Perguruan Tinggi, diantaranya : Rencana Induk Penelitian (RIP), Scopus, Journal, Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, Buku Ajar / Teks, Teknologi Tepat Guna, Intellectual Property, dan Model Prototype. Menurutnya, menulis di jurnal nasional juga perlu didorong, termasuk meningkatkan capaian skor H-index dan citations yang tinggi dalam Science and Technology Index (SINTA) yang dibuat oleh Kemenristekdikti.

Semoga dengan adanya diskusi ini, para dosen unimus baik yang sudah memperoleh hibah maupun yang hendak mengajukan proposal penelitian, mampu termotivasi untuk lebih meningkatkan kualitasnya sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (*)

Para Dosen Unimus tengah mendengarkan pengarahan dari Prof. Ocky
Prof. Ocky foto bersama dengan Peserta Diskusi selesai acara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *